UPT PERPUSTAKAAN UMSURABAYA MENGIKUTI WORKSHOP KERJA SAMA PERPUSTAKAAN

UPT PERPUSTAKAAN UMSURABAYA MENGIKUTI WORKSHOP KERJA SAMA PERPUSTAKAAN

 

WORKSHOP KERJA SAMA PERPUSTAKAAN  diselenggarakan pada hari Selasa dan Rabu, 22 – 23 Agustus 2017  oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prospinsi Jawa Timur di Hotel Elmi Surabaya. Melalui workshop ini diharapkan jaringan kerja sama  pengelola perpustakaan dari berbagai unsur masyarakat, sekolah, Perguruan Tinggi, UPTD, dan berbagai lembaga dan kementrian semakin tertata  di masa depan.

Worshop Kerja Sama  Perpustakaan ini  dilakukan untuk merespons realitas bahwa di era globalisasi abad 21 dan masa yang akan datang ini, paradigma perpustakaan mengalami perkembangan  yang begitu pesat, dari penguatan internal  perpustakaan menuju  perpustakaan modern yang berbasis  jaringan kerja sama  regional, nasional dan internasional, tidak saja antar perpustakaan akan tetapi antara perpustakaan dengan berbagai pihak diluar dunia kepustakaan.

Workshop Kerja Sama  yang diikuti oleh para  pengelola perpustakaan dari  berbagai unsur :  Perguruan Tinggi,       UPT Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) dinas Provinsi berbagai departemen dan kementrian ini menghadirkan nara sumber nara sumber: 

 

  1. Dr. Rahma Sugihartati (Program Studi Ilmu Informasi dan Perpustakaan (Universitas Airlangga)
  2. Melkion Donald, S.Pd, M.Hum. (Kasie Kerja Sama  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jawa Timur)
  3. Sugeng Wahyu Ariyadi, S.Sos, MM (Pustakawan Madya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jawa Timur )
  4. Kusairi, S. IP (Pustakawan Teladan Tingkat Nasional 2017)

 

 

 

 

 

Sejak awal hingga akhir pelaksanaan  workshop, peserta mengikuti dengan  baik dan antusias tentang  hal-ihwal kerja sama  perpustakaan dan  hubungannya dengan pengembangan perpustakaan yang dikelola oleh masing masing peserta. Acara dibuka secara resmi  oleh Kepala Dinas dan ditutup oleh Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan dan Kearsipan Jawa Timur. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur bersedia memfasilitasi berbagai kemungkinan kerja sama  perpustakaan  serta memberikan pendampingan  untuk persiapan akreditasi perpustakaan.

 

 

DOKUMENTASI

UPT PERPUSTAKAAN UMSURABAYA MENGIKUTI WORKSHOP KERJA SAMA PERPUSTAKAAN 1

Pembukaan Workshop oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jawa Timur

 

 

Menyanyikan lagu Indonesia Raya pada upacara pembukaan Workshop

 

 

Foto Bersama Peserta dengan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jawa Timur

 

Studi Banding Perpustakaan di Universitas Muhammadiyah Surakarta

UPT PERPUSTAKAAN UMSURABAYA STUDI BANDING

PADA PERPUSTAKAAN

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

 

UPT Perpustakaan  bersama sama dengan Pusat Teknologi Informasi (PTI) Universitas  Muhammadiyah Surabaya melakukan studi banding pada Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta pada  tanggal 9 Agustus 2017. Studi banding dilakukan dalam rangka menyukseskan target pencapaian sasaran 7 program Kerja Universitas yaitu: Tercapainya Mutu Sarana Prasarana dan Peningkatan Pendapatan Serta Sistem Keuangan Yang Akuntabel. UPT Perpustakaan UMSurabaya sebagai salah satu sarana prasarana kampus  perlu melakukan  langkah-langkah  agar  mampu berfungsi  maksimal dalam mencapai sasaran di atas   untuk menuju universitas unggul. Salah satu langkah taktis yang dilakukan adalah  studi banding pada Perpustakaan perguruan tinggi lain yang sudah berkembang baik dan terakreditasi A, yakni UPT Perpustakaan UMS. 

Studi banding ini  dilakukan untuk beberapa  tujuan yaitu: 

  1. Mempelajari  sistem otomasi dan teknologi informasi Perpustakaan.
  2. Mengetahui bagaimana kegiatan kepustakawanan, layanan perpustakaan, pengelolaan dan  pengembangan di Perpustakaan UMS.
  3. Mengetahui sejauh mana kemajuan perpustakaan yang dikunjungi sebagai benchmarking pengembangan perpustakaan UMSurabaya.
  4. Memperdalam berbagai bentuk kerjasama antar perpustakaan  PTM di Indonesia

 

 

Delegasi Perpustakaan UMSurabaya yang terdiri dari 13 orang dipimpin oleh Ka. UPT. Perpustakaan  sejak awal hingga akhir pelaksanaan  studi banding disambut dengan sangat baik  di perpustakaan UMS. Delegasi diterima secara resmi dan berdiskusi dengan Pimpinan dan seluruh staff perpustakaan UMS mengenai hal-ihwal perpustakaan dan kondisi mutakhir  perpustakaan UMS dan hubungannya dengan pengembangan Perppustakaan UMSurabaya. Perpustakaan UMS sangat  mendukung  studi banding ini dan  bersedia memberikan pendampingan perpustakaan UMSurabaya untuk pengembangan otomasi serta persiapan akreditasi perpustakaan.

 

UPT PERPUSTAKAAN UMSURABAYA STUDI BANDING 1

UPT PERPUSTAKAAN UMSURABAYA STUDI BANDING 2

UPT PERPUSTAKAAN UMSURABAYA STUDI BANDING 3

UPT PERPUSTAKAAN UMSURABAYA MENGIKUTI ISO 9001:2015

Surabaya, 02 November 2017,di  UPT Perpustakaan Surabaya  telah dilakukan audit Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2015 oleh Badan Sertifikasi Internasional JAZANZ Australia dalam rangka peningkatan mutu pelayanan dan manajemen sistem.  UPT Perpustakaan Surabaya  merupakan salah satu dari 10 unit kerja yang dijadikan subjek sampling dalam keseluruhan proses audit di UMSurabaya. Audit SMM  ISO 9001:2015  ini merupakan bentuk komitmen Pimpinan dan seluruh civitas akademika UMSurabaya terhadap  sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi yang berkelanjutan

 

 

Audit  dibuka secara resmi  oleh Rektor UMSurabaya pada jam 08.00 dihadiri oleh seluruh Pimpinan Universitas, pimpinan Unit sasaran sampling ISO, auditor internal dan auditor eksternal yang bertugas. Sejak awal hingga akhir pelaksanaan  audit, seluruh pimpinan Universitas dan unit unit  sasaran sampling  mengikuti dengan  baik dan antusias serta rencana tindak lanjut surveylance pada kurun waktu 1 tahun mendatang. Proses audit berakhir dengan kegiatan penutupan yang berisi acara inti pemaparan hasil keseluruhan proses audit oleh auditor dan penutupan secara resmi oleh  Rektor  pada jam 17. 30


Hot Product

MANAJEMEN KEUANGAN DAN AKTUALISASI SYARIAH MODERN

Buku referensi manajemen keuangan syariah

SIRAH NABAWIYAH

 

Buku yang berhasil meraih juara satu lomba karya tulis tentang sirah Rasulullah, yang di prakarsai Rabithah Al-Alam Al-Islami. Tidak mengherankan jika karya ini juga memiliki pesona tersendiri.

Member Library Of

Anda Berada Di:

Galeri Foto

Terpopuler